Rabu, 10 Februari 2016

Penyebab Penyakit Hepatitis

Penyebab Penyakit Hepatitis


Penyebab Penyakit Hepatitis >> Hepatitis dapat menyerang manusia tanpa pandang usia dari mulai bayi hingga lanjut usia. Hepatits adalah penyakit yang menyerang hati atau liver yang akan membuat fungsi organ tersebut menjadi terganggu atau bahkan menjadi tidak berfungsi lagi sebagaimana seharusnya. Padahal kita tahu bahwa fungsi hati adalah menetralisir racun yang masuk pada tubuh kita. Selain itu hati merupakan salah satu organ vital dalam tubuh kita yang berfungsi mensekresikan bahan utnuk proses pencernaan. Jika fungsi hati sudah tidak normal lagi gara-gara terkena penyakit hepatitis maka akan sangat membahayakan bagi kesehatan.


Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa sekitar 25% dari anak yang terindentifikasi penyakit hepatitis kronis dapat berkembang menjadi kondisi yang sangat menakutkan yaitu terjadinya kerusakan pada organ hati dan pengerutan hati atau yang dalam dunia medis dinamakan sirosis. Sedangkan pada manusia dewasa prosentasenya lebih kecil yaitu 15%.

Ada beberapa golongan virus hepatitis yang sudah diketahui sebagai penyebab terjadinya penyakit hepatitis, yakni virus hepatitis A, B, D, D, dan E. Berikut dibawah ini adalah Penyebab Penyakit Hepatitis dari masing masing jenis virus hepatitis dan cara penularannya yang berbeda-beda :

Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh Hepatitis-A Virus (HAV). Virus HAV ini menular dengan cara yang dalam dunia medis dikenal dengan sebutan fecal-oral (fecal : kotoran/feses, oral : mulut). Artinya penyebaran dan penularan virus ini terjadi melalui kontaminasi makanan atau air oleh virus HAV yang terdapat pada kotoran/feses penderita hepatitis A.

Oleh karena itu, untuk mencegah penularan dari virus HAV, hal yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan asupan makanan yang kita makan. Beberapa kebiasaan baik yang bisa dilakukan untuk tujuan ini diantaranya adalah dengan membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum maka, menjaga sanitasi makanan, serta menghindari memakan makanan yang belum diketahui kebersihan pengolahannya (makanan yang dijual dipinggir jalan, dll). Selain itu, pencegehan penyakit hepatitis A ini juga dapat dilakukan dengan pemberian vaksin hepatitis A.

Hepatitis B

Pada hepatitis B, penyebabnya adalah Hepatitis-B Virus (HBV). Metode penularan virus ini adalah melalui kontak darah, misalnya pada saat transfusi darah, kontaminasi jarum suntik, serta hubungan seksual.
Penyakit ini juga dapat dilakukan oleh ibu yang mengidap hepatitis B kepada bayi selama proses persalinan.

Untuk mencegah penularan virus hepatitis B ini, hendaknya kita menghindari kontak dengan jarum yang digunakan secara berulang ulang, seperti jarum yang digunakan dalam pembuatan tato pada tubuh, serta pemakaian obat obatan intravena secara bersama sama dengan satu jarum suntik.

Penggunaan pisau cukur dan sakit gigi secara bersama juga perlu dihindari. Karena pada saat menggunakan pisau cukuk atau menyikat gigi, tidak jarang terjadi trauma/luka kecil yang mengakibatkan terbukanya akses bagi virus untuk masuk ke dalam peredaran darah.

Hepatitis C

Hepatitis C disebabkan oleh Hepatitis-C Virus (HCV). Penularan penyakit hepatitis C menyerupai penularan pada hepatitis B. Hepatitis C menular terutama melalui darah. Virus ditularkan terutama melalui penggunaan jarum suntik untuk menyuntikan obat-obatan, pembuatan tati dan body pierching yang dilakukan dalam kondisi tidak higienis.

Hepatitis D

Penyebab hepatitis D adalah HDV (Hepatitis-D Virus) atau virus Delta. Virus ini hanya dapat berkembang baik di dalam tubuh bila tubuh sudah terinfeksi oleh virus Hepatitis B. Meskipun merupakan jenis yang paling jarang terjadi, namun hepatitis D merupakan jenis hepatitis yang paling berbahaya dari jenis hepatitis lainnya. Pola penularan hepatitis D mirip dengan hepatitis B.

Hepatitis E

Hepatitis E mirirp dengan Hepatitis A. Virus Hepatitis E (HEV) ditularkan melalui kotoran manusia ke mulut dan menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Tinkat tertinggi infeksi hepatitis E terjadi di daerah bersanitasi buruk yang mendukung penularan virus.

Itulah Penyebab Penyakit Hepatitis dari masing masing jenis virus hepatitis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita agar kita senantiasa menjaga kesehatan dan selalu mengatur pola makan yang sehat.

Klik untuk OBAT HEPATITIS

Post. by Rika Penyebab Penyakit Hepatitis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar