Minggu, 27 Desember 2015

Jenis Olahraga Yang Menyehatkan Jantung

Jenis Olahraga Yang Menyehatkan Jantung


Jenis Olahraga Yang Menyehatkan Jantung >> Menjaga kesehatan jantung adalah berarti melakukan upaya untuk menyehatkan seluruh tubuh. Kita sendiri mengetahui bahwa jantung adalah organ vital dalam tubuh yang berfungsi memompa darah yang kemudian diedarkan ke seluruh bagian tubuh oleh pembuluh darah. Jantung akan bekerja baik ketika jantung dalam kondisi sehat.


Oleh karena itulah, menjaga kesehatan sangat penting dilakukan agar jantung selalu dalam kondisi sehat sehingga fungsi jantung akan tetap maksimal. Mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti sayur dan buah-buahan akan sangat bermanfaat untuk tubuh dan jantung, namun olahraga juga sangat penting. Untuk menjaga kesehatan jantung sendiri ada beberapa jenis olahraga yang dianjurkan. Namun sebelum mengetahui jenis olahraga apa saja yang menyehatkan tubuh dan jantung, ada baiknya kita juga mengetahui manfaat dari olahraga itu sendiri.

Manfaat olahraga :
  • Menurunkan berat badan
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL)
  • Meningkatkan kolesterol baik (HDL)
  • Meningkatkan sensitivitas insulin

Jenis Olahraga Yang Menyehatkan Jantung :
  • Lakukan olahraga berjalan kaki
    Tanpa disadari, hampir setiap aktivitas yang kita lakukan setiap hari pasti melibatkan kaki Anda. Namun seiring kemajuan teknologi, aktivitas berjalan kaki mulai tergantikan dengan adanya sepeda motor dan mobil. Untuk itulah, sediakan waktu 30 menit untuk berjalan untuk berjalan kaki dipagi hari.
  • Lakukan olahraga lari
    Meluangkan waktu untuk melakukan olahraga lari dapat membantu memperkuat kesehatan jantung Anda. Di samping itu, olahraga itu dapat membantu membakar kalori pada tubuh lebih cepat dan lebih banyak. Sehingga mampu menurunkan berat badan secara efektif dan alami.
  • Olaraga renang
    Berenang mungkin menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan sekaligus menjadi salah satu hobi bagi sebagian orang. Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari berenang seperti menyehatkan organ jantung serta memperkuat otot pada tubuh anda.
  • Mengayuh sepeda atau bersepeda
    Asyik, seru dan menantang merupakan beberapa kata yang dapat menggambarkan olahraga bersepeda tersebut. Rutin berolahraga dengan bersepeda akan bermanfaat besar untuk memperkuat kesehatan jantung dan menguatkan otot dan persendian pada kaki anda.
  • Olahraga kombinasi
    Berolahraga dengan melakukan satu jenis olahraga secara terus menerus tentu akan berdampak pada timbulnya rasa kebosanan. Untuk itulah, anda dapat mengatur jadwal olahraga harian atau mengkombinasikan atau menggabungkan olahraga tersebut seperti berjalan cepat kemudian berlari. Agar kesehatan jantung tetap terjaga dan rasa bosanpun bisa sirna.

Post. by Rika Jenis Olahraga Yang Menyehatkan Jantung

1 komentar:

  1. Terdapat beberapa olahraga khusus untuk jantung . Dikutip dari indiatimes, berikut 5 olahraga terbaik untuk menjaga kesehatan jantung - http://goo.gl/0sDCY0

    BalasHapus