Minggu, 24 Januari 2016

Manfaat Daun Sirih Untuk Mengatasi Keputihan

Manfaat Daun Sirih Untuk Mengatasi Keputihan


Manfaat Daun Sirih Untuk Mengatasi Keputihan >> Masalah wanita yang satu ini memang membuat rasa tidak nyaman, hampir setiap wanita mengalaminya. Ya.. Keputihan. Keputihan adalah keluarnya berupa cairan yang bukan darah dari organ kelamin wanita yaitu vagian secara berlebihan. Anda harus membedakan keputihan apa yang Anda alami, karena keputihan itu ada yang normal dan ada juga yang tidak normal. Jika cairan yang keluar bentuknya encer, bening atau tidak berwarna, dalam jumlah sedikit, tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa nyeri, keputihan tersebut masih digolongkan dengan keputihan normal yang disebabkan secara alamian oleh leher rahim.

Namun, jika yang keluar adalah cairan yang kental, berwarna putih/hijau/kuning, dalam jumlah banyak, dengan bau tidak sedap, gatal dan menimbulkan nyeri, Anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjur untuk menghindari infertilitas. Selain melakukan pemeriksaan dokter, terdapat Manfaat Daun Sirih Untuk Mengatasi Keputihan.


Cara Mengatasi Keputihan


Sejak zaman dulu masyarakat Jawa telah mempercayai khasiat dari daun sirij. Daun sirih sering digunakan oleh orang tua, terutama wanita yang sudah lanjut untuk menginang. Tujuan dari menginang adalah untuk membersihkan gigi serta menguatkan gigi. Tumbuhan sirih termasuk tumbuhan jenis merambat yang dapat tumbuh di ketinggian berapapun. Daun sirih ini terdiri dari daun sirih hijau, merah dan hitam. Namun yang lazim digunakan untuk bahan herbal adalah daun sirih hijau dan merah. Daun sirih memiliki khasiat yang banyak, salah satunya adalah mengobati keputihan pada wanita. Bagi Ana yang sedang mengalami, perlu disimak cara mengatasi keputihan dengan memanfaatkan daun sirih berikut ini.


Cara Mengatasi Keputihan Dengan Memanfaatkan Daun Sirih

Cara mengatasi keputihan dengan memanfaatkan daun sirih merupakan cara yang praktis dan mudah dilakukan. Anda bisa menggunakan daun sirih merah ataupun daun sirih hijau. Rebus 7 hingga 10 lembar daun sirih pada 1 liter air. Rebus hingga air rebusan berubah warnanya. Setelah mendidih, angkat daun sirihnya dan tunggu agar dingin terlebih dahulu. Kemudian setelah agak dingin bilas organ kewanitaan Anda menggunakan air rebusa, sirih tersebut. Lakukan dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kandungan daun sirih dipercaya bisa mengatasi masalah keputihan pada wanita. Sudah banyak produk-produk sabun kewanitaan yang menggunakan daun sirih sebagai bahan utamanya. Hal itu disebabkan banyak manfaat yang ditemukan pada kandungan daun sirih. Sirih mengandung minyak atsiri, seskuitterpen, pati, diatae, gula, dan zat samak dan kavikol yang bersifat antiseptic yang dapat membunuh kuman jamur serta sebagai antioksidan pada tubuh.

Selain mempraktekan cara mengatasi keputihan dengan memanfaatkan daun sirih, Anda juga harus selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan Anda. Usahakan organ wanita Anda selalu bersih dan kering. Jika Anda menggunakan sabun khusus untuk organ wanita, gunakanlah sabun yang mempunyai PH yang serimbang dan sesuai dengan PH organ kewanitaan Anda. Selain itu, hindari pemakaian celana dalam yang berbahan semi plastic dan terlalu ketat. Anda juga harus mengontrol emosi dan mengindari stress yang berlebih. Jika Anda sedang menstruasi, sering-sering lah berganti pembalut, karena pembalut merupakan media bagi jamur atau bakteri untuk berkembang dengan cepat jika dalam keadaan lembab. Tidak hanya itu, Anda juga harus senantiasa menjaga pola makan dan mulai lah hidup sehat dari sekarang, agar terhindar dari berbagai penyakit.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua :)

Post. by Rika Manfaat Daun Sirih Untuk Mengatasi Keputihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar